RPP Agama Katolik Kelas V Pertemuan 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SD Negeri 15 Rianiate
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/ Semester                     : V (lima)/ Ganjil
Materi Pembelajaran            : Perempuan dan Laki-laki Diciptakan secitra dengan Allah
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1     :           Menerima  ,menjalankan dan menghargai  ajaran agama yang dianutnya
KI 2     :           Menunjukan perilaku jujur ,displin ,tanggung jawab ,santun peduli dan    percaya diri  dalam berintraksi dengan keluarga ,teman , Guru dan tetangganya
KI 3    :            Memahami pengetahhuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin  tahu tentang dirinya ,mahluk ciptaan Tuhan  dan kegiatannya dan benda –benda dan tempatbermain
KI 4   :             Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis dalam karya estetis ,dalam gerakan yang mencerminkan prilaku anak bermain dan berahlak mulia


B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1.Menerima diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah ( menyadari diri sebagai perempuan atau laki-laki)
1.1.1.      Menunjukan sikap sebagai perempuan atau laki- laki
2.1. Bertangung jawab sebagai perempuan atau laki-laki  seturut citra Allah .(Berprilaku  tanggung jawab sebagai laki-laki atau perempuan )
2.1.1. Melakukan tindakan yang dapat menunjukkan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki

3.1.  Memahami diri sebagai perempuan maupun laki-laki seturut  citra Alah .( memahami kekhasan  sebagai perempuan atau laki-laki )
3.1.1. Menyebutkan kekhasan dirinya sebagai laki- laki atau perempuan
3.1.2 Menjelaskan kodrat laki- laki dan perempuan  menurut pandanga masyarakat
3.1.3. Menyebutkan cirri- cirri laki –laki dan perempuan .
4.1. Mensyukuri dirinya  sebagai lkai-laki atau perempuan  .( menghargai dirinya sebagai laki- laki atau perempuan )
4.1.1. Melakukan tindakan sebagai sikap bangganya sebagai laki-laki atau perempuan
4.1.2. Melakukan tindakan –tidakan untuk menghargai dirinya sebagai perempuan ataulaki-laki
4.1.3. Menyusun doa yang mengungkapkan rasa mensyukuri dirinya sebgai laki- laki atau perempuan yang secitra dengan Allah.

Setelah melakukan berbagai  kegiatan  pembelajaran ,peserta didik mampu :
1.      Menyebutkan kekhasan dirinya sebagai laki-laki atau perempuan
2.       Menyebutkan perbedaan laki- laki atau perempuan
3.      Menjelaskan kdrat laki- laki dan perempuan
4.      Menjelaskan tugas laki- laki dan perempuan
5.      Menjelaskan tugas sebagai citra Allah , menurutajaran kitab suci (kej 1;26-27, 2;18 .20; 23.)
6.      Membuat refleksi tentang dirinya laki-laki atau perempuan sebagai citra Allah
7.      Menyusun doa tertulissebagai ungkapan syukur atas ciptaan sebagai laki-lai atau perempuan .

D. MATERI PEMBELAJARAN
 Perempuan atau Laki - Laki Diciptakan Sebagai Citra Allah

E. METODE PEMBELAJARAN
·         Tanya jawab
·         Ceramah
·         Pengamatan
·         Metode diskusi

F.SUMBER BELAJAR
1.      Kitab suci (kej 1;26-27,2;18,20-23)
2.      Pengalaman peserta didik
3.      Buku teks pelajaran pendidikan agama katolik “ Yesus teladan ku “ hal 1.


G. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media
a)      Gambar anak laki- laki yang secitra dengan Allah
b)     Kitab suci (kej 1;26-27,2;18,20-23)
c)      Peserta didik

2.       Alat dan bahan
1.      Karton
2.      Gambar anak laki-laki dan perempuan


H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Pendahuluan
Ø  Guru mengajak peserta didik  mengawali pelajaran dengan mendasarkan berdoa bersama.
Ø  Doa pembukaan (dibawakan secra spontan oleh seorang peserta didik)
*      Lagu pembuka
“ Kasih Tuhan”
Bagaimana aku harus mengatakan nya
Perasan yang ada di hatiku
Tuhan tolong aku harus mengatakanya
Ku kasihi kau dengan kasih Tuhan
Kau memang cantik (laki-laki)
Kamu memang gnteng ( perempuan )
Karna Yesus di hati kita
*      Guru menyampaikan garis besar materi   dan tujuan pembelajaran tentang perlunya megenal dn memahami “ Perempuan atau Laki – Laki  Diciptakan Sebagai Citra Allah” .


B. Kegiatan Inti
1.   Mengamati
·         Mengamati teman antara perempuan atau laki-laki
·         Mengamati gambar tentang laki –laki dan perempuan .

2.   Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan  sehubungan dengan hasil pengamatan tentang gambar laki-laki dan perempuan.
3.      Mengeksplorasi
ü  Peserta didik membaca kitab suci teks kitab suci (kej 1;26-27,2;18,20-23)
ü  Menggali pengalaman dari peserta didik
ü  Menyampaikan pandangan sendiri tentang perempuan atau laki –laki sebagai citra Allah
ü  Mencari ungkapan – ungkapan  yang menggambarkan pandangan terhadab perempuanatau laki-laki
ü  Menyampaikan pandangan sendiri tentang perempuan atau laki-laki  sebagai citra Allah

4.   Mengasosiasi
Ø  Peserta didik merumuskan  kesimpulan atas perbedaan laki-laki atau perempuan  sebagai citra Allah
Ø  Merumuskan  pandangan kitab suci tentang penciptaan dan kedudukan perempuan dan laki-laki
Ø  Memandingkan pandangan dirinya dan masyarakat selama ini dengan pandangan kitab suci
5.   Mengkomunikasikan
Peserta didk mengkomunkasikan  atau berbagi pemahaman baru tentang perbedaan antara laki- laki dan perempuan sebagai  citra Allah
·         Melakukan tindakan  saling menghormati  antara perempuan  dan laki- laki sebagaicitra allah
·         Menuliskan  ungkapan syukur dalam bentuk doa ,puji, syair sdesuai dengan keinginan peserta didik
6.       Mencipta
Peserta didik menyusun doa tertulis yang bertema perempuan atau laki- laki diciptakan sebagai citra Allah

 C. Kegiatan Penutup  (15 menit)
1.  Guru bersama peserta didik  menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini ,serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur  atas karunia “perempuan danlaki –laki diciptakan sebgai citra Allah “.
2. Guru  memberikan penghargaan kepada peserta didik  yang aktif ( pujian dll )
3. Guru mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa penutup
4. Doa penutup ( dibawakan oleh seorang peserta didik ,secra spontan)







I. PENILAIAN
1. sikap spiritual
a. tehnik : penilaian diri
b. bentuk insrimen : lembar penilaian
c . kisi-kisi
No
Sikap/ nilai
Butir instrument
1
Kagum akan Tuhan
 1
2
Bangga sebagai perempuan dan laki-laki
2
3
Memelihara Tubuh dengan baik
3
4
Mensyukuri karunia Tuhan
4
5.
 Ikut serta memelihara ciptaan Tuhan
5

2.Sikap Sosial
 a. tehnik : Observasi
b. bentuk insrimen : lembar Observasi
c . kisi-kisi
No
Sikap/ nilai
Butir instrument
1.
Tidak bersikap diskriminatif

2
Hormat terhadap sesama

3
Bertanggung jawab terhadab diri sendiri


3.Penilaian
a. tehnik : Tertulis
b. bentuk insrimen : Uraian
c . kisi-kisi
No
Indikator
Butir instrument
1.
3.1.1 Menyebutkan kekasan dirinya sebagai laki-laki atau perempuan
1
2
3.1.2 menjelaskan kodrat laki-laki dan perempuan menurut pandangan masyarakat
2
3
3.1.3 menyebutkan cirri-ciri laki-laki dan perempuan
3

4.Keterampilan
a. tehnik : membuat karya tertulis
b. bentuk insrimen : menyusun doa tertulis
c . kisi -kisi
No
Sikap/nilai
Butir insrumen
1.
4.1.1 Melakukan tindakan sebagai sikap  bangganya sebagai laki-laki atau perempuan
4.1.2 Melakukan tindakan untuk menghargai dirinya sebagai laki-laki atau perempuan
1-4


                                                                                                            Rianiate,  
Mengetahuai:
Kepala sekolah                                                                        Guru mata pelajaran





(ROSNI MANIK. S.Pd)                                                       (BERMAN MANULLANG  S.Ag)









INSTRUMEN PENILAIAN
Penilaian Sikap Spiritual
Petunjuk : nilailah diriu sendiri seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam kehidupanmu sehari –hari
4= selalu
3= sering (minimal 12 kali dalam 1 tahun)
2= kadang –kadang ( dalam 1 tahun kurang dari 4 kali )
1= tidak pernah
NO
Pernyataan
Nilai
   1
   2
   3
   4
1.       

 Sya kagumterhadap Allah yang telah menciptakan perempuan dan laki-laki secitra dengan Allah




2.       
Saya menyadari bahwa apapun yang melekat  pada diri saya  merupakan bukti  bahwa Tuhan mencintai diri saya scra istimewa




3.       
Saya bersyukur karna  Allah saya bertanggung jaewab untuk memelihara  alam dan mahluk ciptaan lainnya




4.       
Sebagai citra Allah  saya bertanggung jawab untuk  memelihara alam dan mahluk ciptaan lain




5.       
Saya tidak merusak atau mengotori fasilitas umum




6.       
Menanam pohon dan bunga di lingkungan rumah dan sekolah




7.       
 Saya membuang sampah pada tempatnya sebagai wujut tanggung jawab saya memelihara ciptaan  Allah





NiLAI
7-12 = kurang
13-18= cukup
19-24= baik
24- 28= sangat baik

Penilaian sikap sosial
Petunjuk : nilailah diriu sendiri seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam kehidupanmu sehari –hari
4= selalu
3= sering (minimal 12 kali dalam 1 tahun)
2= kadang –kadang ( dalam 1 tahun kurang dari 4 kali )
1= tidak pernah
No
Sikap / nilai
Butir instrumen
Nilai




1.














Menghormati perempuan atau laki-laki sebagai citra Allah














1.Bergaul dengan teman laki-laki atau perempuan tanpa bertindak diskriminatif
2.Bersikap hormat terhadap  orang tua  baik laki-laki maupun perempuan
3. menghormati semua teman ,karna mereka juga ciptaan Allah  yang secitra dengan Allah




















2.
 Terlibat aktif dalam memelihara ciptaan sebagai pelaksanaan Tugas  perempuan  dan laki-laki sebagai citr Allah
4.Menegur secara sopan terhada teman yang membuang sampah sembarangan
5. memelihara kebersihan kelas dan lingkungan tempat tinggal
6. menjadikan sampah sebagai musuh
7. mengajak  sesama teman untuk memelihara lingkungan hidup





Nilai
7-12 = kurang
13-18= cukup
19-24= baik
25 -28=  sangat baik
Penilaian pengetahuan __
No
Butiran instrument
Score
1
Sebutkan lah cirri-ciri perempuan atau laki –laki yang bersifat kodrati dan yang bisa berlaku bagi keduanya
10
2
Sebutkan unsur –unsure mengapa kita harus menghargai diri kita sebagai citra Allah 
10
3
Jelaskan mengapa kita harus saling mengasihi antara laki-laki atau perempuan
15
4
Jelaskan bagaimana cara kita menjaga perasaan sesama manusia
25
5
Jelaskan makna manusia sebagai  citra Alah serta tugas yang diberikan Allah
25
6
Rumuskan lah dengan kata- katamu sendiri tentang isi alkitab kej 1;26-27
25

Nilai = score yang dipakai X 100%
                Score total

Penilaian keterampilan

No
Indikator  penilaian
Score total
1
Struktur doa memuat pujian syukur
 20
2
Doa sesuai dengan tema
10
3
Isi mengungkapkan rasa atas dirinya yag unik
50
4
Bahasa ,kata tepat jelas dan bisa dipahami
20
 Score total
100

Nilai
21- 40 = kurang
41-60= cukup
61-80= baik

81- 100= sangat baik

Komentar

  1. bagi anda yang butuh RPP Pendidikan agama Katolik SD K 13 Silahkan minta melalui emailku...salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat butuh RPP Pendidikan Agama Katolik SD K13, Pak.
      Mohon bantuan Bapak untuk kirim ke ilpoverello_elmanana@yahoo.com

      Semoga Bapak berkenan.
      Terima kasih.

      Hapus
    2. Saya sangat butuh RPP Pendidikan Agama Katolik SD K13, Pak.
      Mohon bantuan Bapak untuk kirim ke uffuputra@yahoo.com

      Semoga Bapak berkenan.
      Terima kasih.

      Hapus
    3. Silahkan Order di sini
      https://www.tokopedia.com/lapakbambu

      Hapus
  2. pak boleh minta rpp k13nya yg lengkap kls 1-6 sd? ke email saya nababanmeida@gmail.com

    BalasHapus
  3. pak kalau boleh saya minta rpp k 13nya kelas 4 saja terimakasih banyak Tuhan memberkati

    BalasHapus
  4. kalau bole saya minta rpp kelas 5 semester 1 mata pelajaran agama katolik kurikulum 2013

    BalasHapus
  5. mohon dibantu bantu pak rpp k13 kelas 4-6
    email : dannyginting96@gmail.com

    BalasHapus
  6. maaf, kalau boleh saya minta rpp k13 kelas 1-6, semester 1 dan 2. terimakasih.

    BalasHapus
  7. pak, tolong bantu saya untuk rpp PAKnya ya
    trmksh
    tarivi33@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Order di sini
      https://www.tokopedia.com/lapakbambu

      Hapus
  8. Mantap dan sangat membantu...
    Bisa minta RPP k13 SD kelas 1-6 Semester 1 dan 2 ke kusni.siga@yahoo.com?
    Terima kasih pak Manullang, Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  9. Bisa minta RPP agama katolik ad kah pak Berman?
    Ini alamat email sy: dondakarolina_maniez@yahoo.co.id
    Trims. Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  10. terima kasih pak buat bantuannya
    klo bisa tolong pak di kirim RPP agama katolik k13 SD nya lengkap dari kls 1-6
    ke email saya fransisca15berutu@gmail.com
    makasi ya pak

    BalasHapus
  11. Sy sgt membutuhkan rpp k13 pend agama katolik kls 5 smt 1

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Silahkan Order di sini
      https://www.tokopedia.com/lapakbambu

      Hapus
  13. Silahkan Order di sini
    https://www.tokopedia.com/lapakbambu

    BalasHapus
  14. Pak bermana manullang tolong minta rpp k13 SD kelas 1-6 pak? Ini email saya: santanikenababan@gmail.com.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Pak bisa kirim kan RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 1-5 SD semester 1

    BalasHapus
  17. Pak Minta tolong saya
    saya sangat butuh RPP K13 ini yg tingkatan SD mulqi dari kls 1-6. Ini gmail saya pak
    renovahabeahan3@mail.com
    Trimakasih saya Ucapkan.

    BalasHapus
  18. Pak saya sangat butuh rpp agama Katolik k13 dari kelas 1- 6. Ini gmail saya ronariabuaton@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Pak bisa mnta tlong saya sangat butuh Rpp agama katolik k13 dr kls 1-6
    Terimah kasih.TYM.
    In email sya
    sumuleyohanis@gmail.com

    BalasHapus
  20. mat malam pak bram tolong bantu saya kirimkan RPP K13 Agama Katholik kelas 1-6 sem 1 dan 2 . trimakasih pak Tuhan Berkati. ini email saya : selyhuwae@gmail.com

    BalasHapus
  21. Minta tolong di kirim pak RPP K13 AGAMA KATOLIK SD KELAS 1-6 PAK ,, MAKASIH PAK TUHAN YESUS MEMBERKATI

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini alamat emailnya pak..romualdusrato@gmail.com

      Hapus
  22. Horas abg bolehkah membantu saya. Saya perlu Rpp agama katolik SMP dan SMA kalau ada saya minta tolong bang kirim ke email saya pangondianmanullang1983@gmail.com

    BalasHapus
  23. Slmt mlm, pak sy minta bantuan pak krm ke alamt rarunserafin@gmail.com, krn sy sngt terbantu untuk mmbuat rpp. Tlng pa ats bantuannya trmksh sblmnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Taringot Tupartoding ni Anak Ni SITOGA MANULLANG

Cara Mengembalikan Data Dapodik Yang Terhapus atau Terformat