RPP Agama Katolik Kelas V Pertemuan 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 15 Rianiate
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/ Semester : V (lima)/ Ganjil
Materi Pembelajaran : Perempuan dan Laki-laki Diciptakan
secitra dengan Allah
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI
1 : Menerima ,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukan
perilaku jujur ,displin ,tanggung jawab ,santun peduli dan percaya diri dalam berintraksi dengan keluarga ,teman ,
Guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahhuan factual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya ,mahluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya dan benda –benda
dan tempatbermain
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas sistematis dan logis dalam karya
estetis ,dalam gerakan yang mencerminkan prilaku anak bermain dan berahlak
mulia
B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
1.1.Menerima diri
sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah ( menyadari diri sebagai
perempuan atau laki-laki)
|
1.1.1.
Menunjukan sikap sebagai perempuan atau laki- laki
|
2.1.
Bertangung jawab sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah .(Berprilaku tanggung jawab sebagai laki-laki atau
perempuan )
|
2.1.1.
Melakukan tindakan yang dapat menunjukkan dirinya sebagai perempuan atau
laki-laki
|
3.1.
Memahami diri sebagai perempuan maupun
laki-laki seturut citra Alah .(
memahami kekhasan sebagai perempuan
atau laki-laki )
|
3.1.1.
Menyebutkan kekhasan dirinya sebagai laki- laki atau perempuan
3.1.2
Menjelaskan kodrat laki- laki dan perempuan
menurut pandanga masyarakat
3.1.3.
Menyebutkan cirri- cirri laki –laki dan perempuan .
|
4.1. Mensyukuri
dirinya sebagai lkai-laki atau
perempuan .( menghargai dirinya
sebagai laki- laki atau perempuan )
|
4.1.1.
Melakukan tindakan sebagai sikap bangganya sebagai laki-laki atau perempuan
4.1.2.
Melakukan tindakan –tidakan untuk menghargai dirinya sebagai perempuan
ataulaki-laki
4.1.3.
Menyusun doa yang mengungkapkan rasa mensyukuri dirinya sebgai laki- laki
atau perempuan yang secitra dengan Allah.
|
Setelah
melakukan berbagai kegiatan pembelajaran ,peserta didik mampu :
1.
Menyebutkan
kekhasan dirinya sebagai laki-laki atau perempuan
2.
Menyebutkan perbedaan laki- laki atau
perempuan
3.
Menjelaskan
kdrat laki- laki dan perempuan
4.
Menjelaskan
tugas laki- laki dan perempuan
5.
Menjelaskan
tugas sebagai citra Allah , menurutajaran kitab suci (kej 1;26-27, 2;18 .20;
23.)
6.
Membuat
refleksi tentang dirinya laki-laki atau perempuan sebagai citra Allah
7.
Menyusun
doa tertulissebagai ungkapan syukur atas ciptaan sebagai laki-lai atau
perempuan .
D. MATERI PEMBELAJARAN
Perempuan atau Laki - Laki Diciptakan
Sebagai Citra Allah
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya
jawab
·
Ceramah
·
Pengamatan
·
Metode
diskusi
F.SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
suci (kej 1;26-27,2;18,20-23)
2.
Pengalaman
peserta didik
3.
Buku
teks pelajaran pendidikan agama katolik “ Yesus teladan ku “ hal 1.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a)
Gambar
anak laki- laki yang secitra dengan Allah
b)
Kitab
suci (kej 1;26-27,2;18,20-23)
c)
Peserta
didik
2.
Alat dan bahan
1.
Karton
2.
Gambar
anak laki-laki dan perempuan
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Pendahuluan
Ø Guru mengajak
peserta didik mengawali pelajaran dengan
mendasarkan berdoa bersama.
Ø Doa pembukaan
(dibawakan secra spontan oleh seorang peserta didik)
![*](file:///C:/Users/SDRIAN~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
“ Kasih Tuhan”
Bagaimana aku
harus mengatakan nya
Perasan yang ada
di hatiku
Tuhan tolong aku
harus mengatakanya
Ku kasihi kau
dengan kasih Tuhan
Kau memang
cantik (laki-laki)
Kamu memang
gnteng ( perempuan )
Karna Yesus di
hati kita
![*](file:///C:/Users/SDRIAN~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati
·
Mengamati
teman antara perempuan atau laki-laki
·
Mengamati
gambar tentang laki –laki dan perempuan .
2.
Menanya
Peserta didik
mengajukan pertanyaan sehubungan dengan
hasil pengamatan tentang gambar laki-laki dan perempuan.
3.
Mengeksplorasi
ü Peserta didik
membaca kitab suci teks kitab suci (kej 1;26-27,2;18,20-23)
ü Menggali
pengalaman dari peserta didik
ü Menyampaikan pandangan
sendiri tentang perempuan atau laki –laki sebagai citra Allah
ü Mencari ungkapan
– ungkapan yang menggambarkan pandangan
terhadab perempuanatau laki-laki
ü Menyampaikan
pandangan sendiri tentang perempuan atau laki-laki sebagai citra Allah
4.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik
merumuskan kesimpulan atas perbedaan
laki-laki atau perempuan sebagai citra
Allah
Ø Merumuskan pandangan kitab suci tentang penciptaan dan
kedudukan perempuan dan laki-laki
Ø Memandingkan
pandangan dirinya dan masyarakat selama ini dengan pandangan kitab suci
5.
Mengkomunikasikan
Peserta didk
mengkomunkasikan atau berbagi pemahaman
baru tentang perbedaan antara laki- laki dan perempuan sebagai citra Allah
·
Melakukan
tindakan saling menghormati antara perempuan dan laki- laki sebagaicitra allah
·
Menuliskan ungkapan syukur dalam bentuk doa ,puji, syair
sdesuai dengan keinginan peserta didik
6.
Mencipta
Peserta didik
menyusun doa tertulis yang bertema perempuan atau laki- laki diciptakan sebagai
citra Allah
C. Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini
,serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur
atas karunia “perempuan danlaki –laki diciptakan sebgai citra Allah “.
2.
Guru memberikan penghargaan kepada
peserta didik yang aktif ( pujian dll )
3.
Guru mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa penutup
4.
Doa penutup ( dibawakan oleh seorang peserta didik ,secra spontan)
I. PENILAIAN
1.
sikap spiritual
a.
tehnik : penilaian diri
b.
bentuk insrimen : lembar penilaian
c
. kisi-kisi
No
|
Sikap/
nilai
|
Butir
instrument
|
1
|
Kagum
akan Tuhan
|
1
|
2
|
Bangga
sebagai perempuan dan laki-laki
|
2
|
3
|
Memelihara
Tubuh dengan baik
|
3
|
4
|
Mensyukuri
karunia Tuhan
|
4
|
5.
|
Ikut serta memelihara ciptaan Tuhan
|
5
|
2.Sikap
Sosial
a. tehnik : Observasi
b.
bentuk insrimen : lembar Observasi
c
. kisi-kisi
No
|
Sikap/
nilai
|
Butir
instrument
|
1.
|
Tidak
bersikap diskriminatif
|
|
2
|
Hormat
terhadap sesama
|
|
3
|
Bertanggung
jawab terhadab diri sendiri
|
3.Penilaian
a.
tehnik : Tertulis
b.
bentuk insrimen : Uraian
c
. kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir
instrument
|
1.
|
3.1.1
Menyebutkan kekasan dirinya sebagai laki-laki atau perempuan
|
1
|
2
|
3.1.2
menjelaskan kodrat laki-laki dan perempuan menurut pandangan masyarakat
|
2
|
3
|
3.1.3
menyebutkan cirri-ciri laki-laki dan perempuan
|
3
|
4.Keterampilan
a.
tehnik : membuat karya tertulis
b.
bentuk insrimen : menyusun doa tertulis
c
. kisi -kisi
No
|
Sikap/nilai
|
Butir
insrumen
|
1.
|
4.1.1
Melakukan tindakan sebagai sikap
bangganya sebagai laki-laki atau perempuan
4.1.2
Melakukan tindakan untuk menghargai dirinya sebagai laki-laki atau perempuan
|
1-4
|
Rianiate,
Mengetahuai:
Kepala
sekolah Guru
mata pelajaran
(ROSNI MANIK. S.Pd) (BERMAN
MANULLANG S.Ag)
INSTRUMEN PENILAIAN
Penilaian Sikap Spiritual
Petunjuk
: nilailah diriu sendiri seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam
kehidupanmu sehari –hari
4=
selalu
3=
sering (minimal 12 kali dalam 1 tahun)
2=
kadang –kadang ( dalam 1 tahun kurang dari 4 kali )
1=
tidak pernah
NO
|
Pernyataan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Sya kagumterhadap Allah yang telah
menciptakan perempuan dan laki-laki secitra dengan Allah
|
||||
2.
|
Saya
menyadari bahwa apapun yang melekat
pada diri saya merupakan
bukti bahwa Tuhan mencintai diri saya
scra istimewa
|
||||
3.
|
Saya
bersyukur karna Allah saya bertanggung
jaewab untuk memelihara alam dan
mahluk ciptaan lainnya
|
||||
4.
|
Sebagai
citra Allah saya bertanggung jawab
untuk memelihara alam dan mahluk
ciptaan lain
|
||||
5.
|
Saya
tidak merusak atau mengotori fasilitas umum
|
||||
6.
|
Menanam
pohon dan bunga di lingkungan rumah dan sekolah
|
||||
7.
|
Saya membuang sampah pada tempatnya sebagai
wujut tanggung jawab saya memelihara ciptaan
Allah
|
NiLAI
7-12
= kurang
13-18=
cukup
19-24=
baik
24-
28= sangat baik
Penilaian
sikap sosial
Petunjuk
: nilailah diriu sendiri seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam
kehidupanmu sehari –hari
4=
selalu
3=
sering (minimal 12 kali dalam 1 tahun)
2=
kadang –kadang ( dalam 1 tahun kurang dari 4 kali )
1=
tidak pernah
No
|
Sikap / nilai
|
Butir
instrumen
|
Nilai
|
|||
1.
|
Menghormati perempuan atau laki-laki
sebagai citra Allah
|
1.Bergaul dengan teman laki-laki atau
perempuan tanpa bertindak diskriminatif
2.Bersikap hormat terhadap orang tua
baik laki-laki maupun perempuan
3. menghormati semua teman ,karna
mereka juga ciptaan Allah yang secitra
dengan Allah
|
||||
2.
|
Terlibat aktif dalam memelihara ciptaan
sebagai pelaksanaan Tugas
perempuan dan laki-laki sebagai
citr Allah
|
4.Menegur secara sopan terhada teman
yang membuang sampah sembarangan
5. memelihara kebersihan kelas dan
lingkungan tempat tinggal
6. menjadikan sampah sebagai musuh
7. mengajak sesama teman untuk memelihara lingkungan
hidup
|
Nilai
7-12
= kurang
13-18=
cukup
19-24=
baik
25
-28= sangat baik
Penilaian
pengetahuan __
No
|
Butiran instrument
|
Score
|
1
|
Sebutkan
lah cirri-ciri perempuan atau laki –laki yang bersifat kodrati dan yang bisa
berlaku bagi keduanya
|
10
|
2
|
Sebutkan
unsur –unsure mengapa kita harus menghargai diri kita sebagai citra
Allah
|
10
|
3
|
Jelaskan
mengapa kita harus saling mengasihi antara laki-laki atau perempuan
|
15
|
4
|
Jelaskan
bagaimana cara kita menjaga perasaan sesama manusia
|
25
|
5
|
Jelaskan
makna manusia sebagai citra Alah serta
tugas yang diberikan Allah
|
25
|
6
|
Rumuskan
lah dengan kata- katamu sendiri tentang isi alkitab kej 1;26-27
|
25
|
Nilai = score
yang dipakai X 100%
Score total
Penilaian
keterampilan
No
|
Indikator penilaian
|
Score
total
|
1
|
Struktur
doa memuat pujian syukur
|
20
|
2
|
Doa
sesuai dengan tema
|
10
|
3
|
Isi
mengungkapkan rasa atas dirinya yag unik
|
50
|
4
|
Bahasa
,kata tepat jelas dan bisa dipahami
|
20
|
Score total
|
100
|
Nilai
21- 40 = kurang
41-60= cukup
61-80= baik
81- 100= sangat
baik
bagi anda yang butuh RPP Pendidikan agama Katolik SD K 13 Silahkan minta melalui emailku...salam
BalasHapusSaya sangat butuh RPP Pendidikan Agama Katolik SD K13, Pak.
HapusMohon bantuan Bapak untuk kirim ke ilpoverello_elmanana@yahoo.com
Semoga Bapak berkenan.
Terima kasih.
Saya sangat butuh RPP Pendidikan Agama Katolik SD K13, Pak.
HapusMohon bantuan Bapak untuk kirim ke uffuputra@yahoo.com
Semoga Bapak berkenan.
Terima kasih.
Silahkan Order di sini
Hapushttps://www.tokopedia.com/lapakbambu
pak boleh minta rpp k13nya yg lengkap kls 1-6 sd? ke email saya nababanmeida@gmail.com
BalasHapuspak kalau boleh saya minta rpp k 13nya kelas 4 saja terimakasih banyak Tuhan memberkati
BalasHapuskalau bole saya minta rpp kelas 5 semester 1 mata pelajaran agama katolik kurikulum 2013
BalasHapusmohon dibantu bantu pak rpp k13 kelas 4-6
BalasHapusemail : dannyginting96@gmail.com
maaf, kalau boleh saya minta rpp k13 kelas 1-6, semester 1 dan 2. terimakasih.
BalasHapuspak, tolong bantu saya untuk rpp PAKnya ya
BalasHapustrmksh
tarivi33@gmail.com
Silahkan Order di sini
Hapushttps://www.tokopedia.com/lapakbambu
Mantap dan sangat membantu...
BalasHapusBisa minta RPP k13 SD kelas 1-6 Semester 1 dan 2 ke kusni.siga@yahoo.com?
Terima kasih pak Manullang, Tuhan memberkati.
Bisa minta RPP agama katolik ad kah pak Berman?
BalasHapusIni alamat email sy: dondakarolina_maniez@yahoo.co.id
Trims. Tuhan memberkati.
terima kasih pak buat bantuannya
BalasHapusklo bisa tolong pak di kirim RPP agama katolik k13 SD nya lengkap dari kls 1-6
ke email saya fransisca15berutu@gmail.com
makasi ya pak
Sy sgt membutuhkan rpp k13 pend agama katolik kls 5 smt 1
BalasHapusTlg krm rpp tsb
BalasHapusSilahkan Order di sini
Hapushttps://www.tokopedia.com/lapakbambu
Silahkan Order di sini
BalasHapushttps://www.tokopedia.com/lapakbambu
Pak bermana manullang tolong minta rpp k13 SD kelas 1-6 pak? Ini email saya: santanikenababan@gmail.com.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPak bisa kirim kan RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 1-5 SD semester 1
BalasHapusPak Minta tolong saya
BalasHapussaya sangat butuh RPP K13 ini yg tingkatan SD mulqi dari kls 1-6. Ini gmail saya pak
renovahabeahan3@mail.com
Trimakasih saya Ucapkan.
Pak saya sangat butuh rpp agama Katolik k13 dari kelas 1- 6. Ini gmail saya ronariabuaton@gmail.com
BalasHapusTerimakasih
Pak bisa mnta tlong saya sangat butuh Rpp agama katolik k13 dr kls 1-6
BalasHapusTerimah kasih.TYM.
In email sya
sumuleyohanis@gmail.com
mat malam pak bram tolong bantu saya kirimkan RPP K13 Agama Katholik kelas 1-6 sem 1 dan 2 . trimakasih pak Tuhan Berkati. ini email saya : selyhuwae@gmail.com
BalasHapusMinta tolong di kirim pak RPP K13 AGAMA KATOLIK SD KELAS 1-6 PAK ,, MAKASIH PAK TUHAN YESUS MEMBERKATI
BalasHapusini alamat emailnya pak..romualdusrato@gmail.com
HapusHoras abg bolehkah membantu saya. Saya perlu Rpp agama katolik SMP dan SMA kalau ada saya minta tolong bang kirim ke email saya pangondianmanullang1983@gmail.com
BalasHapusSlmt mlm, pak sy minta bantuan pak krm ke alamt rarunserafin@gmail.com, krn sy sngt terbantu untuk mmbuat rpp. Tlng pa ats bantuannya trmksh sblmnya.
BalasHapus